Jelaskan yang dimaksud metode inkuiri, harapan siswa dan langkahnya !

 

PEMBAHASAN

1.       1. Jelaskan yang dimaksud metode inkuiri, harapan siswa dan langkahnya !

Jawab :

Pembelajaran inkuiri merupakan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan proses belajar siswa. Model pembelajaran inkuiri mengembangkan keterampilan berfikir secara kritis dan kreatif  sekaligus melatih keterampilan berkolaborasi secara terbuka bagi peserta didik. Proses pembelajaran dikembangkan supaya peserta didik terlibat secara aktif pada proses pengamatan, menanya, mencoba, mengolah data dan menyajikan serta menyimpulkan dan mungkin mencipta suatu pengembangan. Keterlibatan peserta didik pada proses pembelajaran secara maksimal merupakan suatu aktivitas aktif. Diharapkan dengan aktivitas tersebut, dapat memicu interaksi peserta didik dan meningkatkan keterampilan literasinya. Saat ini, ditengarai terdapat enam literasi dasar yang ditumbuhkan melalui melalui proses pembelajaran, yaitu literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi finansial, literasi digital, literasi budaya dan kewargaan. Keterampilan literasi dapat tumbuh dengan cepat, jika peserta didik sering berinteraksi secara maksimal dengan sumber-sumber belajar yang tersedia secara digital, kemudian peserta didik dapat memanfaatkan informasinya melalui proses belajar inkuiri.

 

2.      2. Jelaskan yang dimaksud pendekatan personal serta sebutkan kelebihan dan kekurangan !

Jawab :

Pendekatan personal merupakan cara memberikan bimbingan atau arahan secara individu kepada terdidik. 

Kelebihan dari pendekatan personal yaitu :

·       Peserta didik lebih memahami apa yang disampaikan oleh pendidik

·       Meningkatkan kemampuan dan prestasi peserta didik

·       Peserta didik bisa tertular nilai-nilai positif yang dimiliki oleh pendidik

·       Meningkatkan hubungan yang baik antara pendidik dengan peserta didik

Sedangkan kekurangan pendekatan personal yaitu :

·       Menyita waktu lebih banyak

·       Ada kemungkinan perbedaan motivasi dari peserta didik tergantung dari kecocokan dengan sifat peserta didik

·       Ada kemungkinan tidak dikelola dengan baik karena sebagian peserta didik tidak terjangkau untuk dipasangkan dengan pendidik

Pembahasan

Metode pembelajaran merupakan cara yang dipakai oleh pendidik untuk mempersiapkan semua hal yang berkaitan dengan kebutuhan belajar mengajar supaya tujuan tercapai.

 

 

3.       3. Apa saja yang perlu dipelajari dalam merancang alat evaluasi atau test !

Jawab  :

Evaluasi atau penilaian adalah suatu proses sistematik untuk mengetahui tingkat keberhasilan dan efisiensi suatu program. Jadi, pada dasarnya yang dinilai adah program, yaitu suau kegiatan yang telah direncanakan sebelumnya, lengkap dengan tujuan dari kegiatan tersebut. Aspek yang dinilai dari program itu ada dua macam, yaitu tingkat keberhasilan dan tingkat efisiensi pelaksanaan program. Dalam suatu proses belajar mengajar, yang melaksanakan evaluasi adalah guru, yaitu orang yang merencanakan dan melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Guru sebagai figur yang selalu berinteraksi dengan murid memerlukan evaluasi formatif secara teratur agar dapat memperbaiki atau menyempurnakan proses belajar mengajar yang dilaksanakan. Selain itu, gurulah yang paling menghayati permasalahan yangdihadapi oleh murid-muridnya sehingga dapat mencari upaya cara menanganinya. Evaluasi atau penilaian adalah kegiatan untuk mengetahui apakah tindakan yang telah dikerjakan cukup berhasil atau tidak. Jadi, yang dinilai atau dievaluasi adalah program, yaitu suatu kegiatan yang telah direncanakan sebelumnya, lengkap dengna tujuan dari kegiatan tersebut.

Ada tiga istilah yang sering digunakan secara rancu, yaitu berikut ini :

1.      Pengukuran

2.      Penilaian atau evaluasi

3.      Pengambilan keputusan

 

4.       4. Jelaskan langkah-langkah pemecahan masalah secara kelompok !

Jawab :

Langkah-langkah pemecahan masalah secara kelompok yang dikemukakan oleh David Johnson dan Frank Johnson sebagai berikut:

·       Definisi Masalah
Definisi masalah merupakan langkah yang paling sulit. Apabila merumuskan dengan baik maka langkah selanjutnya akan lebih mi Untuk perumusan masalah ini dianjurkan menggunakan langkah-lar sebagai berikut:
• tampunglah secara terbuka semua pernyataan masalah
• rumuskan kembali setiap pernyataan sehingga dapat memperoleh gambaran yang ideal dan aktual. Pilihlah salah satu definisi yang penting dan dapat dipecahkan.

·       Diagnosis Masalah
Langkah kedua ini kita ingin mengetahui dimensi dan sebab sebab timbulnya masalah. Tujuannya adalah untuk mengetahui sifat dan besarnya kekuatan yang mendorong ke arah situasi yang ideal dan kekuatan-kekuatan ynng menghambat ke arah tersebut.

·       Merumuskan Altematif Strategi
Dalam kelompok ketiga ini kelompok harus mencari dan menemukan berbagai altematif cara pemecahan masalah, di mana kelompok harus kreatif berpikir divergen, memahami pertentangan antaridea dan punya daya temu yang tinggi.

·       Penentuan dan Penerapan suatu Strategi
Setelah berbagai altematif strategi pemecahan masalah diperoleh, maka kelompok pada tahap ini memutuskan untuk memilih altematif mana yang akan dipakai. Tahap ini mengandung dua aspek utama pemecahan masalah yaitu:
• pengambilan keputusan yaitu suatu proses mengambil suatu pilihan dari berbagai altematif tindakan
• keputusan penerapan yaitu suatu proses untuk mengambil tindakan yang diperlukan sehingga menghasilkan pelaksanaan tersebut
Dalam tahap ini kelompok harus menggunakan pertimbangan yang kritis, berpikir kovergen dalam membitat perencanaan yang nyata mengenai pelaksanaan.

·       Evaluasi Keberhasilan Strategi
Dalam langkah kelima ini kelompok mempelajari: apakah strategi itu berhasil diterapkan (evaluasi proses), apakah akibat pcnerapan strategi itu (evaluasi hasil) dan apakah keadaan akKial sudah lebih mendekati keadaan yang ideal daripada sebelum penerapan.Hasil akhir dari evaluasi harus menunjukkan: masalah apa yang sudah dipecahkan, seberapa jauh pemecahannya, masalah apa yang belum terpecahkan dan masalah baru apa yang timbul sebagai akibat pemecahan ini.

 

5.       5. Jelaskan pentingnya pendekatan humanistik !

Jawab :

Pendidikan tidak hanya mentransfer ilmu (transfer of knowledge) tetapi juga mampu mentransfer nilai-nilai kebaikan (transfer of value)  bahkan mampu merubah karakter peserta didik ke arah yang lebih baik. Mendidik tidak bisa digantikan dengan kemajuan teknologi informasi  tinggi. Kalau diperlukan itu merupakan salah satu media yang bisa membantu dikala dibutuhkan. Tidak semua Pendidikan yang diberikan para pendidik mesti harus menggunakan teknologi terus. Kita juga mesti berpikir bagaimana dampak menggunakan teknologi terus menerus. Pendidik harus bijak, dalam menangkap permasalahan  dan mengkaji hal tersebut. Apakah sesuai dengan kebutuhan atau tidak. Bahkan sesuai atau tidak dengan situasi dan kondisi.

 

Teori belajar humanistik adalah teori yang menyatakan bahwa manusia berhak mengenali dirinya sendiri sebagai langkah untuk belajar, sehingga diharapkan mampu mencapai aktualisasi diri. Itulah mengapa, teori ini beranggapan bahwa proses belajar dinilai lebih penting dari pada hasil belajar itu sendiri. Pengertian tersebut juga berlaku jika teori ini diterapkan di kegiatan pembelajaran. Artinya, pengertian teori belajar humanistik bisa disamakan dengan pengertian teori pembelajaran humanistik.

Adapun manfaatnya adalah sebagai berikut.

·       Mampu mengubah sikap atau perilaku individu, dari yang awalnya tidak baik karena belum mengetahui menjadi baik.

·       Membiasakan individu untuk berlaku secara demokratis, partisipatif, dan humanis.

·       Mampu menjadikan individu sebagai insan yang mudah menghargai perbedaan, kebebasan berpendapat, dan kebebasan dalam menyatakan ide/gagasan.

·       Mampu meningkatkan keinginan belajar individu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Partisipasi Merangkum Modul 10 & 11 PDGK 4201