Jelaskan yang dimaksud metode inkuiri, harapan siswa dan langkahnya !
PEMBAHASAN
1. 1. Jelaskan yang dimaksud metode
inkuiri, harapan siswa dan langkahnya !
Jawab :
Pembelajaran inkuiri
merupakan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan proses belajar siswa.
Model pembelajaran inkuiri mengembangkan keterampilan berfikir secara kritis
dan kreatif sekaligus melatih keterampilan berkolaborasi secara terbuka
bagi peserta didik. Proses pembelajaran dikembangkan supaya peserta didik
terlibat secara aktif pada proses pengamatan, menanya, mencoba, mengolah data
dan menyajikan serta menyimpulkan dan mungkin mencipta suatu pengembangan. Keterlibatan
peserta didik pada proses pembelajaran secara maksimal merupakan suatu
aktivitas aktif. Diharapkan dengan aktivitas tersebut, dapat memicu interaksi
peserta didik dan meningkatkan keterampilan literasinya. Saat ini, ditengarai
terdapat enam literasi dasar yang ditumbuhkan melalui melalui proses
pembelajaran, yaitu literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi sains,
literasi finansial, literasi digital, literasi budaya dan kewargaan.
Keterampilan literasi dapat tumbuh dengan cepat, jika peserta didik sering
berinteraksi secara maksimal dengan sumber-sumber belajar yang tersedia secara
digital, kemudian peserta didik dapat memanfaatkan informasinya melalui proses
belajar inkuiri.
2. 2. Jelaskan yang dimaksud pendekatan personal
serta sebutkan kelebihan dan kekurangan !
Jawab :
Pendekatan personal merupakan cara memberikan bimbingan atau
arahan secara individu kepada terdidik.
Kelebihan dari pendekatan personal yaitu :
· Peserta didik lebih memahami apa yang
disampaikan oleh pendidik
· Meningkatkan kemampuan dan prestasi
peserta didik
· Peserta didik bisa tertular nilai-nilai
positif yang dimiliki oleh pendidik
· Meningkatkan hubungan yang baik antara
pendidik dengan peserta didik
Sedangkan kekurangan pendekatan
personal yaitu :
· Menyita waktu lebih banyak
· Ada kemungkinan perbedaan motivasi dari
peserta didik tergantung dari kecocokan dengan sifat peserta didik
· Ada kemungkinan tidak dikelola dengan
baik karena sebagian peserta didik tidak terjangkau untuk dipasangkan dengan
pendidik
Pembahasan
Metode pembelajaran merupakan cara yang dipakai oleh pendidik untuk mempersiapkan
semua hal yang berkaitan dengan kebutuhan belajar mengajar supaya tujuan
tercapai.
3. 3. Apa saja yang perlu dipelajari dalam
merancang alat evaluasi atau test !
Jawab
:
Evaluasi atau penilaian adalah suatu proses sistematik untuk mengetahui
tingkat keberhasilan dan efisiensi suatu program. Jadi, pada dasarnya yang
dinilai adah program, yaitu suau kegiatan yang telah direncanakan sebelumnya,
lengkap dengan tujuan dari kegiatan tersebut. Aspek yang dinilai dari program
itu ada dua macam, yaitu tingkat keberhasilan dan tingkat efisiensi pelaksanaan
program. Dalam suatu proses belajar mengajar, yang melaksanakan evaluasi adalah
guru, yaitu orang yang merencanakan dan melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
Guru sebagai figur yang selalu berinteraksi dengan murid memerlukan evaluasi
formatif secara teratur agar dapat memperbaiki atau menyempurnakan proses
belajar mengajar yang dilaksanakan. Selain itu, gurulah yang paling menghayati
permasalahan yangdihadapi oleh murid-muridnya sehingga dapat mencari upaya cara
menanganinya. Evaluasi atau penilaian adalah kegiatan untuk mengetahui apakah
tindakan yang telah dikerjakan cukup berhasil atau tidak. Jadi, yang dinilai
atau dievaluasi adalah program, yaitu suatu kegiatan yang telah direncanakan
sebelumnya, lengkap dengna tujuan dari kegiatan tersebut.
Ada tiga istilah yang sering digunakan secara rancu, yaitu berikut ini :
1. Pengukuran
2. Penilaian atau evaluasi
3. Pengambilan keputusan
4. 4. Jelaskan langkah-langkah pemecahan masalah
secara kelompok !
Jawab :
Langkah-langkah
pemecahan masalah secara kelompok yang dikemukakan oleh David Johnson dan Frank
Johnson sebagai berikut:
· Definisi Masalah
Definisi masalah merupakan langkah yang paling
sulit. Apabila merumuskan dengan baik maka langkah selanjutnya akan lebih mi
Untuk perumusan masalah ini dianjurkan menggunakan langkah-lar sebagai berikut:
• tampunglah secara terbuka semua pernyataan
masalah
• rumuskan kembali setiap pernyataan sehingga
dapat memperoleh gambaran yang ideal dan aktual. Pilihlah salah satu definisi
yang penting dan dapat dipecahkan.
· Diagnosis Masalah
Langkah kedua ini kita ingin mengetahui dimensi
dan sebab sebab timbulnya masalah. Tujuannya adalah untuk mengetahui sifat dan
besarnya kekuatan yang mendorong ke arah situasi yang ideal dan
kekuatan-kekuatan ynng menghambat ke arah tersebut.
· Merumuskan Altematif Strategi
Dalam kelompok ketiga ini kelompok harus mencari
dan menemukan berbagai altematif cara pemecahan masalah, di mana kelompok harus
kreatif berpikir divergen, memahami pertentangan antaridea dan punya daya temu
yang tinggi.
· Penentuan dan Penerapan suatu Strategi
Setelah berbagai altematif strategi pemecahan
masalah diperoleh, maka kelompok pada tahap ini memutuskan untuk memilih
altematif mana yang akan dipakai. Tahap ini mengandung dua aspek utama
pemecahan masalah yaitu:
• pengambilan keputusan yaitu suatu proses
mengambil suatu pilihan dari berbagai altematif tindakan
• keputusan penerapan yaitu suatu proses untuk
mengambil tindakan yang diperlukan sehingga menghasilkan pelaksanaan tersebut
Dalam tahap ini kelompok harus menggunakan pertimbangan
yang kritis, berpikir kovergen dalam membitat perencanaan yang nyata mengenai
pelaksanaan.
· Evaluasi Keberhasilan Strategi
Dalam langkah kelima ini kelompok mempelajari:
apakah strategi itu berhasil diterapkan (evaluasi proses), apakah akibat pcnerapan
strategi itu (evaluasi hasil) dan apakah keadaan akKial sudah lebih mendekati
keadaan yang ideal daripada sebelum penerapan.Hasil akhir dari evaluasi harus
menunjukkan: masalah apa yang sudah dipecahkan, seberapa jauh pemecahannya,
masalah apa yang belum terpecahkan dan masalah baru apa yang timbul sebagai
akibat pemecahan ini.
5. 5. Jelaskan pentingnya pendekatan humanistik !
Jawab :
Pendidikan tidak hanya
mentransfer ilmu (transfer of knowledge) tetapi juga mampu mentransfer
nilai-nilai kebaikan (transfer of value) bahkan mampu merubah karakter
peserta didik ke arah yang lebih baik. Mendidik tidak bisa digantikan dengan
kemajuan teknologi informasi tinggi. Kalau diperlukan itu merupakan salah
satu media yang bisa membantu dikala dibutuhkan. Tidak semua Pendidikan yang
diberikan para pendidik mesti harus menggunakan teknologi terus. Kita juga
mesti berpikir bagaimana dampak menggunakan teknologi terus menerus. Pendidik
harus bijak, dalam menangkap permasalahan dan mengkaji hal tersebut.
Apakah sesuai dengan kebutuhan atau tidak. Bahkan sesuai atau tidak dengan
situasi dan kondisi.
Teori belajar humanistik adalah teori yang menyatakan bahwa manusia berhak
mengenali dirinya sendiri sebagai langkah untuk belajar, sehingga diharapkan
mampu mencapai aktualisasi diri. Itulah mengapa, teori ini beranggapan bahwa
proses belajar dinilai lebih penting dari pada hasil belajar itu
sendiri. Pengertian tersebut juga berlaku jika teori ini diterapkan di
kegiatan pembelajaran. Artinya, pengertian teori belajar humanistik bisa
disamakan dengan pengertian teori pembelajaran humanistik.
Adapun manfaatnya adalah sebagai berikut.
· Mampu mengubah sikap atau perilaku
individu, dari yang awalnya tidak baik karena belum mengetahui menjadi baik.
· Membiasakan individu untuk berlaku
secara demokratis, partisipatif, dan humanis.
· Mampu menjadikan individu sebagai insan
yang mudah menghargai perbedaan, kebebasan berpendapat, dan kebebasan dalam
menyatakan ide/gagasan.
· Mampu meningkatkan keinginan belajar
individu.
Komentar
Posting Komentar